Rabu, 10 Februari 2010

F1 Lancashire produk Solo

Jenis kenari besar ini tiba tiba menjadi pilihan untuk mendampingi jenis Yorkshire. Selain tubuhnya yang bongsor dan panjang juga kebanyakan mempunyai crested di kepala menambah anggunnya jenis ini. Mas Danan yang merupakan salah satu peternak kenari di Solo menyikapi hal ini dengan sangat tepat sehingga di saat musim Yorkshire tiba justru pilihannya jatuh pada jenis Lancashire.
Memang pada dasarnya keinginan penggemar kenari saat ini lebih dominan untuk memiliki jenis jenis besar, seperti F1 an F2 Yorkshire ataupun jenis persilangan lain. Pilihan jenis inipun turut serta meramaikan karena jika dilihat perbedaan jenis Yorkhsire dan Lancashire terkait dengan postur adalah sama sama besar, hanya saja Yorkshire terkesan seperti wortel sedangkan Lancashire terkesan tinggi dan memanjang.
Berikut keterangan mas Danan yang sempat dimuat dalam forum Kicaumania beberapa saat lalu

Karena rasa penasaran saya untuk beternak dengan pejantan Lancashire, maka saya coba memulai walaupun agak berat Ini disebabkan karena harga Lancashire lebih mahal daripada Yorkshire. Alhamdulillah sekarang sudah ada hasilnya. Yang ada di gambar ini adalah Lancashire (jantan) yang saya kawinkan dengan betina AF darah YS (yg warna hijau). Kebetulan Cuma menetas 1 ekor.

Selain ini Lancashire juga sudah saya kawinkan dengan F1 Border, F1 YS dan 2 ekor betina AF lainnya.

Sejarah singkat Lancashire

Kenari Lancashire adalah jenis kenari terbesar dari semua keturunan kenari di Inggris, umumnya panjang idealnya 8-9 inci atau 20-23 cm. Ini adalah variasi crested di mana ada dua jenis yang ditemukan, yaitu yang memiliki lambang ("Coppies") dan yang tidak ("Plainheads"). Keduanya merupakan bagian integral dari perkembangan secara keseluruhan. Lancashire kebanyakan dibesarkan dengan warna yang jelas, seperti kuning dan putih, tanpa banyak mempunyai warna seperti yang ditemukan dalam keturunan burung kenari lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar