Jumat, 13 Mei 2011

Pilihan Tepat Suara Kenari Istimewa


Kenari punya daya tarik tersendiri karena strain yang ada, belum lagi variasi warna dan persilangan turut pula membuat pembahasan soal kenari seakan tidak pernah habis. Sebagai wadah paguyuban Papburi Solo sebenarnya telah banyak menampung berbagai pengamatan yang kedepan bisa diharapkan sebagai referensi penggemar dalam menentukan pilihan kenari yang sesuai dengan harapan.
Nyanyian kenari memang bervariasi, namun bagaimanakan sebenarnya untuk menentukan kenari yang bersuara istimewa ? Sebuah dasar yang semestinya dipunyai seekor kenari istimewa tentu harus mampu membawakan lagu yang indah. Pengertian kata indah bisa diasumsikan antara lain sebagai lagu yang tervariasi, unik, termaster suara lain sampai pada indahnya lagu untuk didengar telinga. Secara umum memang hal ini ditemukan berbagai pendapat, namun saat dihadapkan pada sebuah lomba maka suara/lagu kenari ini harus bisa ditentukan nilainya (baca tentang variasi lagu)
Kenari untuk mampu berimprovisasi suaranya sangat dituntut untuk mempunyai modal dasar mampu berkicau panjang dengan durasi minimal 35 detik, hal ini berdasarkan pengamatan akan sebuah lagu pasti akan terpotong saat dilantunkannya dengan durasi pendek. Lalu bagaimana saat kita dihadapkan sebuah pilihan untuk menentukan kenari yang bernyanyi istimewa?
Seperti disampaikan Om Andre selaku koordinator lomba Papburi Solo bahwa suara terbaik pada kenari adalah kemampuan pada kenari untuk mengeluarkan beberapa suara/nada/variasi yang berbeda dalam satu tarikan nafas. Hal ini turut mendukung pendapat bahwa modal utama kenari yang baik adalah yang bermodalkan durasi suara yang panjang.


Kenari yang Baik :
Mampu mengeluarkan beberapa variasi lagu yang berbeda dalam satu tarikan napas


Andre Gunadi
Koordinator Lomba Papburi Solo



Sebuah tantangan memang untuk dapat menemukan kenari yang baik, belum lagi materi lagu yang seperti apa dalam satu tarikan nafas itu? Segala improvisasi suara yang dihasilkan selalu mengundang penggemar untuk memahami, sehingga trend master di Papburi Solo tidak menunjuk jenis burung tertentu sebagai patokan. Tujuannya memberi peluang pada pemaster untuk berkreasi dan memberi peluang untuk ditemukannya suara unik/asing yang dimungkinkan bisa mempengaruhi trend kedepan.
Mengenai cara pemasteranpun banyak pilihan cara dan pola, beberapa profil pemaster mungkin bisa dijadikan acuan dan tipsnya yang dianggap paling tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar